17 Faktor Penghalang Kesuburan Wanita

Jeff Startaya - Salah satu maksud membangun satu buah hunian tangga tentunya buat meraih keturunan yg sehat & nantinya jadi anak yg bermanfaat. Tetapi cita-cita dapat tinggal angan-angan apabila buah hati tak kunjung datang. Frustasi bahkan putus asa dapat menimpa keluarga yg belum diberikan keturunan. Ada beberapa hal yg menyebabkan keadaan tersebut, salah satunya pasti saja disebabkan oleh masalah kesuburan.

17 Faktor Penghalang Kesuburan pada Wanita

Penyebab ketidaksuburan terhadap pasangan suami istri pun ditentukan oleh tidak sedikit aspek, yg jadi penyebab ketidaksuburan yg paling dominan yakni elemen genetik & juga pola makan yg kurang cocok. Bagi Kamu pasangan suami istri yg sedang merencanakan utk memiliki buah hati, sebaiknya Kamu menghindari sekian banyak tipe makanan yg menurut para ahli sanggup menyebabkan rintangan kesuburan dan juga beberapa faktor penyebab kemandulan lainnya. Berikut jenis makanan dan faktor penyebab kemandulan lainnya:
  1. Salah satu makanan yang dipercaya dapat menurunkan tingkat kesuburan seseorang adalah makanan yang tinggi akan kadar gula seperti kentang tumbuk, donat, kentang goreng, nasi putih dan juga labu.
  2. Segala sesuatu yang berlebihan pastinya tidak akan baik, termasuk juga makanan yang banyak mengandung gula maupun garam. Mengapa demikian? Karena hal tersebut dapat membuat seorang wanita tidak dapat memiliki keturunan.
  3. Para kaum wanita yang sedang merencanakan program kehamilan sebaiknya mengurangi atau bahkan menghindari kebiasaannya mengkonsumsi kafein. Karena mengkonsumsi kafein setiap hari yang lebih dari 300 gram dapat menurunkan tingkat kesuburan seorang wanita.
  4. Bahan makanan yang dapat mempengaruhi tingkat kesuburan wanita salah satunya adalah makanan olahan (makanan instant) seperti makanan yang dipanggang dan makanan kemasan karena di dalam makanan kemasan tersebut mengandung lemak jenuh yang tinggi.
  5. Bagi Anda kaum wanita yang sedang merencanakan program kehamilan, sangat disarankan untuk menghindari telur dan juga daging yang masih dalam kondisi mentah. Kedua makanan tersebut berdasarkan penelitian mengandung bakteri salmonella yang dapat menyebabkan tingkat kesuburan wanita menjadi menurun.
  6. Susu maupun keju yang tidak di pasteurisasi akan mengandung banyak bakteri listeria di dalamnya. Bakteri tersebut akan melewati plasenta dan kemudian mempengaruhi rahim wanita. Hal inilah yang menjadi penyebab ketidaksuburan pada wanita.
  7. Meski kedelai adalah salah satu makanan sehat, namun sebaiknya Anda tidak mengkonsumsinya dalam jumlah banyak atau bahkan berlebihan. Mengkonsumsi kedelai dalam jumlah banyak bisa menurunkan LH (leutinizing hormone) dan juga SH (follicle-stimulating hormone) dan juga dapat memperpanjang siklus menstruasi. Dimana hal-hal tersebut dapat menurunkan tingkat kesuburan wanita.
  8. Ayam jenis non-organik ini penuh dengan antibiotik dan hormon. Dua zat ini dapat memiliki efek yang merugikan pada keseimbangan hormon dan kesehatan.
  9. Penelitian menemukan bahwa asupan alkohol berdampak buruk secara signifikan terhadap keberhasilan pembuahan pada wanita di atas usia 30.
  10. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jika Anda merokok 10 batang perhari atau lebih, kesuburan Anda pasti berkurang. Ada bukti bahwa beberapa bahan kimia dalam asap rokok akan membunuh ovarium. Wanita yang merokok akan mengalami menopause lebih awal karena zat-zat tersebut akan membunuh sel telur mereka.
  11. Wanita yang memiliki BMI lebih besar dari 27 atau kurang dari 17 secara langsung akan mengurangi kesuburan mereka. Berada pada angka tengah akan lebih baik, dan hal ini juga berlaku untuk pria.
  12. Sebisa mungkin, lakukan seks yang aman sejak dini untuk melindungi diri Anda dari penyakit seksual menular yang dapat menghalangi kehamilan Anda. Penyakit kelamin jelas memiliki pengaruh yang buruk pada kesuburan Anda. Klamidia dan gonore pada khususnya sering menyumbat saluran telur wanita.
  13. Olahraga baik untuk tubuh Anda, tetapi jangan terlalu ekstrim. Olahraga dan diet adalah bagian dari gaya hidup sehat, tetapi tidak dianjurkan olahraga yang terlalu ekstrim. Ada rekomendasi bahwa perempuan dapat melakukan latihan aerobik tetapi tidak lebih dari 7 jam per minggu. Jika lebih dari itu, maka Anda justru memiliki potensi untuk mengurangi kesuburan.
  14. Dan yang tidak kalah penting, jangan menunda kehamilan! Hal penting yang harus diketahui para wanita adalah bahwa mereka harus memutuskan kapan mereka akan membangun keluarga di waktu yang tepat, setidaknya hingga awal usia 30-an. Banyak dokter yang tidak membicarakan hal ini dengan pasien mereka. Jika Anda berpikir untuk memiliki anak di kemudian hari, maka sudah saatnya Anda berbicara pada hati Anda untuk tidak menundanya.
  15. Saluran telur atau ovarium dapat mengalami penyumbatan atau penutupan akibat penyakit menular seksual dan radang panggul yang menyebabkan sel telur tidak bisa ditemui oleh sel sperma.
  16. Sumbatan pada saluran telur juga bisa terjadi karena kista. Kista adalah tumor jinak yang tumbuh pada dinding saluran telur yang merupakan benjolan berisi air, terkadang benjolan berbentuk seperti sekumpul buah anggur. Kista tidak bisa menyebar ke jaringan lain sehingga tidak berbahaya dan dapat diatasi dengan mudah dengan pembedahan.
  17. Kondisi mental dan emosional wanita juga mempunyai peran yang sangat besar dalam infertilitas. Wanita sekarang semakin aktif dengan kehidupan supercepat dan kompetitifnya. Wanita jadi mudah sekali terkena stress. Stress bisa menyebabkan gangguan ovulasi yang menyebabkan kualitas sel telur tidak maksimal.

Nah, itulah faktor penghalang kesuburan. Kista yang menyumbat saluran telur tentunya sangat berbahaya bagi Anda. Ingin mengetahui secara detailnya tentang kista, yu kunjungi artikelnya: Tanda, Penyebab dan Pencegahan Penyakit Kista dan Mioma

0 Response to "17 Faktor Penghalang Kesuburan Wanita"

Posting Komentar